Visi, Misi dan Tujuan Prodi Magister Ilmu Politik

Visi, Misi dan Tujuan Prodi Magister Ilmu Politik

Visi, Misi, Tujuan, Strategi, dan Tata Nilai

Visi Sekolah Pascasarjana adalah: Menjadi Sekolah Pascasarjana yang unggul dalam pengelolaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan di Indonesia dengan reputasi internasional  pada tahun 2022.

Visi di atas akan dicapai dengan menetapkan misi Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional  berupa mengembangkan sumberdaya manusia secara dinamis dan progresif melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat selaras dengan pengembangan program studi dengan cara :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Sekolah Pascasarjana bertaraf nasional yang dapat bersaing di tataran global.
  2. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan Sekolah Pascasarjana yang unggul sesuai bidangnya, mampu menjawab serta menguasai perkembangan terkini baik yang bersifat aplikatif maupun teoritik dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan dengan memiliki daya saing yang unggul di pasar tenaga kerja global.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat di Sekolah Pasacasrjana yang memberi konstribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang bermanfaat dan bersaing di kancah nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan tata kelola organisasi Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional yang terintegrasi, transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional.
  5. Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

Merujuk pada misi Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional, maka tujuan dan sasaran yang akan dicapai adalah   :

  1. Terselenggaranya pendidikan bertaraf nasional, dan mampu bersaing di tingkat global.
  2. Dihasilkannya karya penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkonstribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Terselenggaranya tata kelola organisasi Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional secara transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel yang mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional.

Terbangunnya jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

Strategi Pencapaian:

  1. Mahasiswa program magister (S2) yang lulus dalam 4 semester dan mahasiswa program doktor (S3) yang lulus dalam 6 semester, mencapai 50% dari setiap angkatan.
  2. Pencapaian IP (Indeks Prestasi) kumulatif 3,50 mencapai 80% dari total lulusan program magister (S2) dan program doktor (S3).
  3. Dosen Tetap harus melakukan publikasi ilmiah minimal 1 (satu) dalam satu tahun akademik.
  4. Dosen Tetap harus dapat melaksanakan dan menyelesaikan minimal 1 (satu) penelitian tidak terpublikasi dalam satu semester.
  5. Dosen Tetap harus dapat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat minimal 1 (satu) kegiatan pengabdian masyarakat dalam satu tahun akademik.
  6. Indeks Kinerja Dosen yang diperoleh dari evaluasi mahasiswa minimum memperoleh angka indeks 3,0 (dalam skala ukur 5).