Official Website

SPS UNAS

Rencana Strategis

Lengkapnya KLIK Disini : RENSTRA-2022-2025
.
RENCANA STRATEGIS  2022-2025
SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS NASIONAL
2022
 
Tim Penyusun :
 Prof. Dr. Maswadi Rauf, MA (Pengarah)
Drs. Firdaus Syam, MA., PhD (Pengarah)
Dr. Robi Nurhadi, M.Si (Ketua Tim)
Dr. Rumainur, SH., MH (Sekretaris)
Sahruddin Lubis, S.IP. M.Si (Anggota)
Imam Ghazali, SH., MH (Anggota)
 
 Tim Teknis :
Bambang Susilo, SE., MM
H. Nur Ali, S.Pd.
Feri Susanto, A.Md., S.Kom
Farouk Bagawi, S.Sos
.
.
SEKOLAH PASCASARJANA  UNIVERSITAS NASIONAL
2022
.
PENGANTAR
KETUA TIM PERUMUS
 Assalamu’alakum Wr. Wb.
 Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas tersajinya dokumen Rencana Strategis (Renstra) Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (UNAS) Tahun Akademik 2022-2025 beserta Rencana Operasi (Renop. Dokumen yang akan menjadi pijakan penting bagi segenap civitas akademika Sekolah Pascasarjana UNAS dalam 3 (tiga) tahun akademik ke depan ini memiliki tiga hal yang berbeda dengan dokumen sebelumnya.
Pertama, masa penggunaan Renstra dan Renop untuk tiga tahun akademik. Penetapan masa waktu merupakan penyesuaian terhadap Renstra UNAS yang berlaku dari tahun 2020 hingga 2025. Renstra Sekolah Pascasarjana UNAS sebelumnya berlaku dari tahun 2017 hingga 2022. Dengan demikian, Renstra Sekolah Pascasarjana UNAS setelah ini akan mengalami kesesuaian tahun dengan Renstra UNAS sebagai induknya.
Kedua, penguatan substansi dan sistematika. Renstra Sekolah Pascasarjana UNAS ini mengalami pengayaan substansi yang lebih dalam dibanding sebelumnya. Hal ini terjadi seiring dengan penyerapan atas perkembangan kebijakan pemerintah dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, seperti adanya penyesuaian pola pengajaran masa pandemi Covid-19, penyesuaian sikap atas Kurikulum Kampus Merdeka, penyesuaian atas adanya Lamemba, dan lain sebagainya. Sistematika penyusunan Renstra ini mengalami penyesuaian yang lebih lengkap dengan adanya perubahan judul bab dan penambahan sub-bab dasar hukum yang mendasari pembuatan Renstra dan Renop Sekolah Pascasarjana UNAS, serta hal yang lainnya.
Ketiga, penguatan metodologi pembuatan Renstra dan Renop yang lebih kredibel, sistematis dan transparan. Sejak diterimanya Surat Tugas Direktur Sekolah Pascasarjana Unas tentang Tim Perumus Renstra dan Renop Sekolah Pascasarjana UNAS, tim bekerja secara profesional dalam menyiapkan draft yang berbasis atas kejelasan data dan sumbernya. Tim juga menggelar rapat-rapat terbuka dan terekam bersama para ahli, stakeholder, pimpinan Sekolah Pascasarjana UNAS beserta Senatnya. Dengan demikian, sajian data dan arahan deskriptif bagi para pengguna Renstra dan Renop merupakan hal yang akuntabel.
Dengan tiga hal yang baru dari Renstra dan Renop Sekolah Pascasarjana UNAS tersebut diharapkan dokumen ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang menjadi targetnya dapat tercapai semaksimal mungkin.
Kepada seluruh Pimpinan Sekolah Pascasarjana kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya. Ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kami haturkan kepada seluruh tim dan para pihak yang sudah memberi kontribusi yang signifikan. Kepada Allah SWT kami berserah diri.
 
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Ketua Tim Perumus
Dr. Robi Nurhadi, M.Si
 .
.
SAMBUTAN 
DIREKTUR SEKOLAH PASCASARJANA
Rencana Strategis Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional 2022-2025 merupakan sebuah dokumen yang menjadi pijakan penting bagi segenap civitas akademika Sekolah Pascasarjana UNAS dalam menjalankan peran dan fungsi masing-masing. Secara substantif dokumen renstra ini berisi arahan-arahan strategis dan penjabarannya dalam bentuk program selama waktu tiga (3) tahun ke depan, yang menjadi pedoman bagi setiap civitas akademika Sekolah Pascasarjana UNAS untuk menjalankannya.  Di dalamnya terdapat gambaran awal yang memberikan keterangan tentang perubahan-perubahan penting yang terjadi selama lima tahun terakhir di dalam lingkungan internal Universitas Nasional dan Sekolah Pascasarjana UNAS, dan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal baik di tingkat nasional berupa perubahan-perubahan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dinamika internasional yang akan berpengaruh terhadap visi, misi dan kinerja Sekolah Pascasarjana UNAS pada masa depan.
Di dalam proses penyusunannya, dokumen renstra ini berpijak pada dokumen Renstra Universitas Nasional (2020-2025) yang mengarahkan agenda program yang disusun atas kerjasama seluruh lembaga-lembaga terkait. Beberapa pemikiran yang telah disusun dalam dokumen sebelumnya masih tercermin di dalam dokumen ini. Hal tersebut menggambarkan prinsip keberlanjutan terutama kaitannya dengan falsafah, prinsip dasar, dasar hukum, serta visi, misi, tujuan, sasaran (VMTS) untuk mencapai pengakuan internasional (international recognition).
Semoga keberadaan Renstra Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional 2022-2025 ini akan menjadikan Sekolah Pascasarjana ini mencapai tujuannya, sehingga memberi kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.
Jakarta,  1 Maret 2022
Sekolah Pascasarjana UNAS
Prof. Dr. Maswadi Rauf, M.A
Direktur

 

  DAFTAR ISI

Tim Penyusun ……………………………………………………………………………… ii
Pengantar Ketua Tim Perumus …………………………………………………….. iii
Sambutan Direktur Sekolah Pascasarjana UNAS ……………………………… iv
Daftar Isi …………………………………………………………………………………….. v
   
Bab 1 Pendahuluan ……………………………………………………………. 1
Bab II Dasar Filosofis, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran ……………. 3
2.1. Pengantar ……………………………………………………………. 3
2.2. Dasar Filosofis …………………………………………………….. 6
2.3. Visi ……………………………………………………………………. 7
2.4. Misi ……………………………………………………………………. 7
2.5. Tujuan ………………………………………………………………… 7
2.6. Sasaran ………………………………………………………………… 8
Bab III Peta Pengembangan Masa Depan ………………………………….. 9
3.1. Arah Pengembangan ……………………………………………….. 9
3.2. Kondis yang ada …………………………………………………….. 9
3.3. Target dan Tahapan Pencapaian ………………………………. 10
Bab IV Evaluasi Diri ……………………………………………………………… 13
4.1. Pendidikan …………………………………………………………… 13
4.2. Sumber Daya Manusia …………………………………………… 17
4.3. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ………………. 19
4.4. Kemahasiswaan dan Alumni ………………………………………… 22
4.5. Kelembagaan dan Kerjasama ……………………………………….. 25
Bab V Arah Kebijakan Strategis dan Program 2022-2025 ……………….. 29
5.1. Arah Pengembangan ………………………………………………….. 29
5.2. Kebijakan Strategis ……………………………………………………. 29
5.3. Pelaksanaan Program 2022-2025 ……………………………….. 29
Bab VI Indikator Kinerja Utama Tahuj 2022-2025 ………………………. 33
6.1. Integration ………………………………………………………………. 33
6.2. Exxellence …………………………………………………………….. 33
6.3. Indokator Kinerja Utama …………………………………………… 34
Bab VII Penutup ……………………………………………………………………… 57
Lampiran 1 : Surat Tugas Direktur tentang Tin Perumus Renstra dan Renop SPs … 58
Lampiran 2 : Time Schedule Penyusunan Renstra dan Renop SPs …………. 59
Lampiran 3 : Dokumentasi Kegiatan Penyusunan Renstra dan Renop SPs . 61