S-2 Ilmu Politik

Terakreditasi A

Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Nomor :248/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013

PENDAHULUAN

Program Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Politik Universitas Nasional (UNAS) menyelenggarakan pendidikan Pasca Sarjana di bidang Ilmu Politik. Program ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pendidikan S2 yang bermutu bagi para peminat Ilmu Politik.

Kehadiran tenaga dosen, peneliti, wartawan, pelaku bisnis, birokrat, politisi yang profesional merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk menjawab kelangkaan dan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal. Kebutuhan ini dirasakan semakin meningkat di masa reformasi dan di masa mendatang. Terutama untuk menjawab tantangan global, dan mewujudkan proses pembangunan politik yang lebih maju, demokratis, adil dan beradab.

Untuk itu Program Pasca Sarjana UNAS, memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin melanjutkan studi ilmu politik baik dari latar belakang disiplin ilmu sosial dan politik, maupun disiplin ilmu lainnya.

TUJUAN PENDIDIKAN
A. Tujuan Umum
  1. Memberikan kemampuan dasar – dasar ilmiah pengetahuan dan metodologi agar mahasiswa mampu merumuskan cara penyelesaian masalah dalam bidang keahliannya.
  2. Meningkatkan kemampuan meneliti dan menganalisa masalah politik bagi mereka yang memiliki berbagai latar belakang profesi seperti : dosen, peneliti, pengamat birokrat, politisi, wartawan, pelaku bisnis dan peminat umum.
B. Tujuan Khusus
  1. Mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki tingkat keahlian di bidang ilmu politik yang meliputi aspek pengetahuan, pengamatan, penelitian dan peran sertanya dalam pembangunan politik bangsa dan negara.
  2. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menguasai konsep-konsep dasar penelitian di bidang sosial dan politik, meningkatkan kemampuan analisis mikro dan makro terhadap isu – isu politik, serta mampu merumuskan pemecahan masalah secara konseptual.
BIDANG STUDI
Program Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Nasional menyelenggarakan program pendidikan Ilmu Politik dengan dua peminatan bidang studi :
1. Politik Indonesia
2. Ekonomi Politik
GELAR AKADEMIK
Bagi Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya dianugrahi gelar M.Si (Magister Sains)
STATUS
Program Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Nasional telah Terakreditasi A Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor :248/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013, dan merupakan satu-satunya Program Pasca Ilmu Politik yang dikelola swasta.
TENAGA PENGAJAR
Tenaga Pengajar adalah tamatan S3 dan S2 dari berbagai Universitas terkemuka baik dalam maupun luar negeri. Mereka adalah tenaga profesional yang berpengalaman di bidang profesi / keilmuannya. Dengan tenaga pengajar yang profesional, Program Pasca Sarjana Ilmu Politik UNAS dapat menghasilkan lulusan / sarjana S2 Ilmu Politik yang bermutu, sehingga dapat menyumbangkan ilmunya dalam pembangunan nasional di era persaingan global. Diantaranya :
1.    Prof. Drs. Umar Basalim, DES.
2.    Prof. Ir. Ibrahim Abdullah, MA., MIE.
3.    Prof. Dr. Maswadi Rauf
4.    Prof. Dr. Ryaas Rasyid
5.    Prof. Dr. Djohermansyah Djohan
6.    Prof. Dr. Syamsudin Haris
7.    Prof. Dr. Boer Mauna
8.    Dr. Syarif Hidayat, APU.
9.    Dr. TB. Massa Djafar
10.  Dr. Mohammad Noer
11.  Dr. Irman Gurmilang Lanti
12.  Dr. Thee Kian Wie
13.  Dr. Muhamad Hisyam
14.  Dr. Masyhuri
15.  Dr. Isbodroini Suyanto
16.  Dr. Firdaus Syam
17.  Dr. Abdoel Fattah
18.  Dr. Lili Romli
19.  Dr. Afriadi Hasibuan, MPA.
20.  Dr. Aris Munandar
21.  Drs. Ramlan Siregar, M.Si.
22.  Drs. M. Alfan Alfian , M.Si
PERKULIAHAN
A. Kelas Reguler

Perkuliahan dapat diselesaikan dalam waktu 4 (empat) semester dengan jumlah 45 SKS (Satuan Kredit Semester). Kuliah semester I, II, III dan IV untuk menyelesaikan teori dan menyusun rencana penelitian. Kuliah Semester V digunakan untuk penelitian dan penulisan tesis.

B. Kelas Khusus

Perkuliahan diselenggarakan secara intensif. Kuliah teori dapat diselesaikan dalam 2 semester berikut rencana tesis. Semester III dan IV digunakan untuk penelitian dan penulisan tesis.

Lokasi Perkuliahan

Perkuliahan dilaksanakan di kampus Pasca UNAS Bambu Kuning.
Jl. Bambu Kuning, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Jadwal PerkuliahanJum’at : Jam 16.00 – 21.00 WIB.
Sabtu : Jam 09.00 – 16.00 WIB.

Syarat Pendaftaran
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Lulusan S1 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lulusan di luar fakultas tersebut dapat diterima dengan syarat mengikuti kuliah matrikulasi.
  • Lulus Tes Seleksi. Materi testing meliputi: Pengantar Ilmu Politik dan Bahasa Inggris.
  • Foto copy ijazah sarjana strata satu (S1) negeri atau swasta (berstatus terakreditasi) yang sudah dilegalisasi masing-masing 3 (tiga) rangkap.
  • Foto copy transkrip nilai ujian Negara dan atau transkrip nilai akademik yang sudah dilegalisasi masing-masing 3 (tiga) rangkap.
  • Foto copy KTP sebanyak 3 (tiga) lembar.
  • Pas foto hitam putih ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6, masing-masing 6 (enam) lembar.
Informasi dan Pendaftaran

PPMB UNAS, Kampus Pejaten
Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan, telp.(021) 7806700, 7802718

Sekretariat Pasca Ilmu Politik, Bambu Kuning
Jl. Bambu Kuning, Jati Padang, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan, telp/fax : (021) 78837623

Kontak Personal
Bambang Susilo HP : 087877943224
Emma HP : 081382888567